Minggu, 21 Februari 2016

Modifikasi antena V2R/Hygain Telex, 3 x 5/8 Lamda

Selamat datang dan terima kasih atas kunjungan anda di blog saya, sesuai yang pernah saya janjikan sebelumnya, akan saya kupas tuntas modifikasi antena v2r, atau bahasa kerennya hygain telex,
ada beberapa blog tetangga yang publikasikan di blog, tapi bagi teman teman newby seperti saya kadang tidak mengerti, nah dari hasil percobaan, dan hasil di lapangan berikut saya kupas habis,
berikut penampakannya,..

Keterangan gambar :

Panjang Pembalik Fase : 50 cm
Besar Kawat                 : 1,5 mm
Diameter Coil (Pembalik fase ) : 10 mm.
Lilit berlawanan dengan Arah jarum Jam ( searah dengan Loading coil bonggol)
Setelah dililit, tarik sampai mencapai ukuran 50cm, (menyerupai Per)
hubungkan Elemen ujung Antena dengan elemen yang sudah disiapkan
Tutup dengan Pipa PVC, agar tidak kemasukan air,..


Rumus :
3000 : freq x 5/8 x 0,95 (velocity material) = Panjang Material yg dibutuhkan
3000 ; Freq x 0,95 (Velocity material) = 1 Lamda (ukuran Panjang Pembalik Fase)

ok saya rasa cukup penjelasan saya, kalau belum mengerti silahkan masukkan komentar,
Insya Allah akan saya balas,


100 komentar:

  1. Om Abi
    1.untuk velocity material 0,95 itu masuk dalam kategori material jenis apa om?
    2.panjang coil atas apa memang 1 lamda? itu kan antenna 5/8? bukankah ikut 5/8?
    sebelumnya saya terimakasih om..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Velocity yang sering saya coba, sesuai material yang saya gunakan, bahkan mendekati ukuran yang pas, adalah 0,95, bahkan pernah saya coba, mulai 0,97, 0,98, jadi materialnya yang umum murah meriah, Aluminium untuk prabot Rumah Tangga, hehehehe,

      Hapus
  2. jadi bingung om hehe ada yg bilang panjang coil harus 5/8 dan 1/4 lamda..
    hihihi...mohon pencerahannya om.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Danang Indra, mohon maaf, saya sebenarnya bukan ahli antena, hanya beberapa percobaan dan analisa yang saya dapat, Trap (pembalik Fase)disini hanya berfungsi untuk menyesuaikan, elemen bawah(5/8) dengan elemen atas(5/8)artinya betul2 terukur panjang elemen sesuai freq yang kita inginkan, 1/4 lamda, bisa dipakai tapi tdk bisa pake model L (lilitan) tp harus model U atau kt umumnya Tusuk konde, karena antena bisa dibilang kuat disaat range Freq betul2 fokus di freq, yang kita inginkan, umpama 3x5/8, semua ke 3 5/8 nya bekerja sama di satu freq. mudah2an bisa membantu

      Hapus
    2. kalau saya sering baca di beberapa postingan teman2 50cm Om....

      Hapus
  3. oh begitu ya om...
    ah ndak papa om abi saya bisa bnyak belajar dengan om...hehe
    (element bawah menuju loading utama sudah 5/8 begtu juga loading utama ke loading phasecoil sudah saya buat 5/8 dan loading phasecoil sampai element ujung atas sudah saya sesuaikan kebutuhan freq.
    trims mas..

    BalasHapus
  4. 3000 : freq x 5/8 x 0,95 (velocity material) = Panjang Material yg dibutuhkan.
    penjelasan rumus diatas yg dimaksud adalah panjang ukuran disetiap 5/8 nya.
    3000 ; Freq x 0,95 (Velocity material) = 1 Lamda (ukuran Panjang Pembalik Fase)
    penjelasan rumus yg bawah ini yg dimaksud apakah panjang kawat phasecoil sebelum di lilit, apakah demikian mas? maklum masih belajar hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, betul,.. 1 lamda panjang kawat sebelum dililit, jadi tdk perlu hitung brapa lilit, cukup ukur panjang 1 lamda sesuai rumusnya, kemudian lilit, nah setelah semuanya komplit, silahkan di match, kalau ada pergeseran, paling hanya beberapa cm,, makasih atas kunjungannya,..

      Hapus
    2. Maaf om abi..saya sdh mencoba dengan jumlah gulungan 72 lilit,dan diameter 6 mm ditarik menyerupai per sepanjang 50 cm...hasilnya bagus 72 lilit = 1 lamda

      Hapus
    3. makasih,.. Bang, betul kebanyakan teman yg coba 72 Lilit,pada diameter 6mm tp nanti teman2, bingung cari penampang(tempat melilit)jadi diameter lilitan terserah, yang penting 1 lamda,.. ok makasih kunjungannya,..

      Hapus
    4. Klu 5/8 lamda itu sama dgn 1,25 cm. Klu 1/4 lamda sama dgn 40,9 atau 50 cm

      Hapus
  5. 3000 apa 300 neh untuk menentukan panjang 5/8 lambda nya,

    BalasHapus
  6. karena banyak yg ane liat gan di postingan adalah 300 jd ane bingung bingit karena ane masih baru dan maen di band RAPI

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ tujuh satu, 3000 dan 300, sebenarnya sama, karena hasilnya tetap, dihapus angka "0" di depan angka, makasih atas pertanyaan dan komentarnya semoga bermanfaat,..

      Hapus
  7. kang,,,,,1 lamda itu hutungan dengan menggunakan rumus itu ya kang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, betul,.. tapi ingat velocity materialx
      contah, pada freq. 144.500, pake rumus : 3000/144.500=0,0207
      0,207 = 207cm x 0,95(Velocity)= 196,7cm dibulatkan
      Jadi hasilnya : 196,7cm (1 Lamda di Freq 144.500 Mhz.)
      makasih, semoga bermanfaat,..

      Hapus
    2. Berarti panjang kawat sebelum dililit 196,7cm begita ya Pak

      Hapus
  8. kang,,,,,1 lamda itu hutungan dengan menggunakan rumus itu ya kang?

    BalasHapus
  9. terimakasi kang,,,atas pencerahannya,,,punya fb kang biar lebih enak nanyaknya,,,hehehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheheh,.. makasih atas kunjungannya,, Fb tetap pake Abi Bizet,.. anda ingin komunikasi langsung bisa via Teamspeak 3 dengan server B2T, address : 192.99.47.41:10155

      Hapus
    2. maaf udah ganti silahkan ke ip addres : bizetserverjakarta.no-ip.org

      Hapus
  10. Om mau tanya,kalo saya tarik ke freq 141.660 itu kan rumusnya
    300:141,660x5/8x0,95=1.25m ini berarti passing yg udah jadi termasuk besi penopangnya atau gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Bang Rahadian yang ditanyakan apanya passing coilnya atau yg mana,rumusnya udah betul, untuk mencari 5/8 lamda, tp mencari 1 lamda, ya seperti penjelasan diatas,

      Hapus
  11. 1 lagi om itu velocity material apa ya? Kok 0,95? Atau itu rumus?

    BalasHapus
  12. Aku juga tidak terlalu tahu bahasa Tekhnisnya, sepengetahuan saya velocity merupakan besaran yang menyatakan lintasan (arah perpindahan) tiap satuan waktu, sebenarnya bukan hanya 0,95 saja bisa 0,93 atau 0,97, makasih, atas kunjungannya,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0,95 itu nilai logam yg telah dilebur/ campur dengan material/logam lain.. Itu sudah termasuk bagus banget.. Cuman rata" memang menggunakan 0,95 (95%)

      Hapus
  13. Terimakasih om mau coba" jadinya tapi dibekasi tukang pipa alumunium susah nyarinya,mungkin ada alternatif om? Heheh

    BalasHapus
  14. Om maaf nih misalkan sudah sesuai hitungan semuanya,tapi disini kan ga dijelaskan ukuran dari kumis bawah sampai kumis atas itu jaraknya berapa ubtuk mendapatkan swr,atau kalau saya simpulkan kumis atas menyesuaikan saja dengan patokan kumis bawah srsuai jarah perhitungan 5/8 ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Om, yang kumis bawah(Radial bawah) hanya disesuaikan artinya ujung kumis atas sejajar dengan pangkal kumis bawah,.. semoga bermanfaat

      Hapus
  15. kl untuk ringo renges pembalik fasenya d ganti loding coil bsa gk om.

    BalasHapus
  16. kl untuk ringo renges pembalik fasenya d ganti loding coil bsa gk om.

    BalasHapus
  17. Maaf..sy bener2 baru di dunia ngebrik. Untuk ujung bawah pembalik fase, di hubungkan ke loading antena asli atau kemana? Suwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya betul Om,.. artinya yg asli ga di robah,. cumen ditambah aja ujungnya sesuai petunjuk di atas

      Hapus
  18. Teman teman bisa liat foto2 beberapa even di Sulawesi Selatan dan Barat, Alhamdulillah, pembalik fase yg saya gunakan sama yg saya publikasikan disini, ga ada yg saya sembunyikan,.. ok semoga bermanfaat

    BalasHapus
  19. Jadi sekedar tambahan Nama Team Saya dan Saya Tekhnisnya YELLOW COMMUNITY, jadi antena semuanya warna kuning,..

    BalasHapus
  20. Mantap om ilmunya saya sudah coba namun mungkin yg masih dibingungkan itu pada saat membikin pembalik fasa perhitungan jaraknya dari bonggol ke passing apakah pada saat ketemu lilitan pasing dengan baut atau saat lilitan pertama? Biar rekan2 lebih mantap juga nih

    BalasHapus
  21. Mantap om ilmunya saya sudah coba namun mungkin yg masih dibingungkan itu pada saat membikin pembalik fasa perhitungan jaraknya dari bonggol ke passing apakah pada saat ketemu lilitan pasing dengan baut atau saat lilitan pertama? Biar rekan2 lebih mantap juga nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ketemu passing dengan baut bang, kalau di lilitan pertema berarti panjang bisa lebih,.. bang,.. ok semoga bermanfaat,..

      Hapus
  22. Saya pakai diameter 6 mm bang, semakin kecil diameter lilitan berarti semakin banyak kan? Dan yang penting 1 lamda kan bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betulll bang,.. disaat diameter dibesarin, jelas lebih pendek,.. ok makasih semoga bermanfaat,

      Hapus
  23. biasanya material untuk loadingnya pake apa ya, cari ukuran 10 mm susah sekali apalagi 6 mm

    BalasHapus
    Balasan
    1. pake radial antena, karena hanya dijadikan penampang untuk melilit, setelah itu dilepasin, jdi modelnya kaya Perrr,

      Hapus
  24. 86 salam hormat , kami berkerja di frequensi 150 mhz , skema antena di atas apa bisa di pake di frequensi 150, tolong dong pencerahan nya . Saya masih bingung , sekalian skema nya frequensi kami pake 150 mhz , ini email saya alexsanjaya425@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf telat, membalasnya, nih lg sibuk di luar, untuk model antena V2R, 300(3000, bisa juga)dibagi 150 Mhz = 2 x 5/8 = 1.25m x 0,95 = 1.1875, bulatkan jadi 1,19m.
      untuk pembalik fasenya : 2x0,95= 1,90m, makasih, mudah-mudahan bermanfaat,

      Hapus
  25. Kalau diameter kawatnya di besarkan tdk masalah ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mw di besarin, ga masalah di pembalik fase, tpi di bonggol, dibesarin malah lebih kuat terbebani watt tinggi,

      Hapus
  26. mastah saya mau tanya, antena V2R kalau untuk fm, itu loading coil nya berapa lilit ya,,,

    BalasHapus
  27. mas abi mau nanya..........maaf loading coil utama antena hygain telex saya sdh saya robah......jadi mau saya kembalikan seperti semula.. g mana cara mencari ukuran panjang lilitan loading utama nya.sama panjang lilitannya berapa ya

    BalasHapus
  28. apakah ada rumusnya utk menghitung panjang atau jumlah lilitan pada loading utama agar sesuai dgn frkwensi kerja radio

    BalasHapus
    Balasan
    1. 5 lilit kyake. klu di fm 7 lilit. 3-4

      Hapus
    2. Dear Mas Fadli:
      Menurut saya untuk mengetahui panjang & jumlah lilitan agak sulit mas, diakibatkan karakter material yang juga berbeda-beda. Jadi untuk pastinya harus menggunakan alat ukur inductance meter yang mengacu dari hasil simulasi antena. Pada coil utama antena vertikal kebanyakan hanya menggunakan satuan Nano Henry (nH).
      Semoga bermanfaat...

      Hapus
  29. untuk dudukan lilitan pembalik fashe pake apa ya bos?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dear Mas Rian Ian:
      Selama ini saya hanya memakai bahan stik fiber yang saya peroleh dari X-Banner (material publikasi yang biasa dipakai di kantor²).
      Atau bisa juga memggunakan tongkat fiber dari stik pancing berukuran pendek.
      Semoga bermanfaat...

      Hapus
  30. Dear Mas Fadli:
    Saya coba bantu untuk loading coil utama yang standar biasanya berjumlah 3 lilit (berlawanan arah jarum jam), dengan kawat email berdiameter 2mm, panjang coil 1.7cm. Jadi yang terhitung hanya ujung ke ujung lilitannya.
    Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  31. mau tanya bos.untuk melilit pembalik fasa itu yg benar biar pancaran bagus gimana?searah putaran jam,apa berlawanan putaran jam?karena saya pernah baca" dari blok" lain berbeda".mohon pencerahanya krena sya msih awam tentang ini

    BalasHapus
  32. Mau tanya pak,
    Saya butuh antena untuk receiver saja di freq 137MHz - 138MHz, apakah antena V2R ini dapat di gunakan?
    Ada saran saya menggunakan antena apa?

    BalasHapus
  33. mas aby..kalau dibikin 3 loading apakah cara buat pembalik fasenya sama dg loading ke 2..teims

    BalasHapus
  34. Mantap gan dari segi receiver Antena V2R lumayan

    Salam

    BalasHapus
  35. Mas Abi saya mau nanya :
    1. besar kecil ukuran kawat loading coil pembalik fase mana yg lebih bagus untuk
    pancaranya ?
    2. Untuk panjang coil pembalik fase ada yg 1 lamda ada yg 5/8 lamda bagus yg mana
    pancarannya ?
    3. untuk melilit coil pembalik fase ada yg searah jarum jam ada yg berlawanan jarum
    jam, bagus yg mana pancaranya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas maaf nanya .. lamda 5/8 itu maksud nya apa dan lamda 1/1 itu gimana?

      Hapus
  36. salam kenal ,sy mau menanyakan , apa si yg dimaksud pembalik fasa ,dan apa sebenarnya fungsi sebenarnya , mohon pencerahanya

    BalasHapus
  37. Waduh ikutan dong nyontek ilmunya salam kenal

    BalasHapus
  38. Salam Om Abi.
    Maaf nih...saya mau tanya...maklum pemula...heheee.
    1 lamda itu berapa cm ya Om...?
    Dan jika panjangnya pembalek face 50cm jadi kawat lilitannya itu kira" berapa cm ya.
    Untuk kawat lilitan yang kiranya paling bagus pergunakan apa Om.
    Saya mau coba bikin untuk V2R dan main di freq.144.280
    Bisa tolong diberi pencerahan serta sekaligus saran dan itung itungannya Om.
    Terima kasih.
    Salam

    BalasHapus
  39. Kalau saya lebih mantab pake pembalek fase...0,25 lamda dililit berbalek arah ditengahnya. Lebih lari, coba aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksudnya 0.25 lamda itu panjang kawat email sebelum jadi lilitan atau sesudah jadi lilitan gan?

      Hapus
  40. Panjang tembaga (kawat) untuk pembalik fasa itu brp cm?

    BalasHapus
  41. Slamat pagi om. Mau nanya nih. Untuk rumus panjang kawat emai pada loading utama rumusnya gimana ya? Saya pake loding v2r yg gede itu. Pake rumus brapa lamda?

    Trims

    BalasHapus
  42. Mas mau tanya,untuk ukuran diameter pipa tambahanya brp mm ya?

    BalasHapus
  43. 3000 : freq x 5/8 x 0,95 (velocity material) = Panjang Material yg dibutuhkan
    Yg dimaksud panjang material itu panjang pipa tambahan apa panjang lilitan sblm di lilit?

    BalasHapus
  44. Klu gambar diagramnya Loading Coil VR2 yg ky apa ya Om

    BalasHapus
  45. kalo v2r bsa ditambah ring 0 gak om
    caranya gimana?

    BalasHapus
  46. Bang ABI,klo Di frekwensi 144.170 brp perhitungan ukurannya.🙏🙏

    BalasHapus
  47. Ass...mas abi,sy br buat antena hygaint V2R modifikasi 3x5/8 lamda.saya metching gak dapat2 matching mas abi. Lilitan coil utama 3 lilitan Kabel konektornya sy solder ditengah lilitan. Apa benar yg sy buat lilitan coil utamanya. Terima ksh seblumnya mas abi.slm kenal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pake 5 lilit tep tengah apa kebanyakan ya mas?

      Hapus
  48. Klo membuat 4x58 lamda atau 5x58 lamda bagimana cara hitingan penambahanya

    BalasHapus
  49. Klo mau bikin 4X5/8 lamda bagaimana cara tambahan hitunganya

    BalasHapus
  50. yg penting jgn bingung antara penerus fase dan pembalik fase. karena cara lilitnya jg beda

    BalasHapus
  51. Kalo jarak iner atas bawah berapa cm ya ?,apa sama dengan antena g7

    BalasHapus
  52. Frekwensi142 yang cocok pake berapa lamda bos

    BalasHapus
  53. Loading coil bonggol sepertinya belum dibahas ya

    BalasHapus
  54. 5/8 lamda yg tengah dari pembalik fase sd tengah bonggol coil juga membingungkan, mohon pencerahannya bang

    BalasHapus
  55. Mas Abi saya minta no wa nya email ke email saya
    stzuriah@gmail.com
    Mksh sblm nya mas

    BalasHapus
  56. untuk Isolator pipa 6mm pake apa ya susah cari nya

    BalasHapus
  57. Kalau penerus FASA itu akhir lilitan bawah langsung diteruskan lilitan di atas ya

    BalasHapus
  58. Itu fasing coil kayanya bukan pembalik fasa,, itu penerus fasa,
    Dan mohon penjelasan apa pembalik fasa dan pungsinya, dan apa penerus fasa dan pungsinya, dg bentuk coilnya tks

    BalasHapus
  59. saya punya V2R bonggol besar, saya beli pembalik fasa tersendiri, setelah datang saya bingung karena diameter pipa pembalik fasa sama besar dengan diameter pipa bonggol

    BalasHapus
  60. Mat pagi mas mau tanya nih
    Apa bedanya penerus fasa dan pembalik fasa
    Bagaimana cara penerapannya. Terimakasih

    BalasHapus
  61. Siapa disini yang bisa memberikan rumus cara menghitung panjang lilitan ladang 1 pda antena G 7 rakitan untuk frequncy tertentu dan juga rumus peletakan kabel yg disolder dari lilitan loding tersebut disolder ke iner konector dimana lilitan kebrpa menentkan penempelan solder kabelnya,mohon penjelasan ilmiah dengan rumus kerja pda frewuncy tertentu

    BalasHapus
  62. Pokok'y like ...
    Bermanfaat sekali ...
    Dan sangat menginspirasi ...
    Because briker semua bersaudara !!!

    BalasHapus
  63. tks ilmu kawan , semoga bermanfaat u/ org byk

    BalasHapus
  64. 1 lamda brp panjang fisiknya boss q

    BalasHapus
  65. Berapa lambda panjang kawat phasing coil yg paling bagus mas ? 1 lamnda atau 3/4 lambda ?. Bagai mana rumus menghitung panjang kawatnya apakah pakai felocity factor atau tdk pakai ? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus